Jumat, 11 Maret 2011

Tsunami Jepang Diperkirakan Sudah Sampai Papua

DESE SUSILO PRAMONO PAEH
XI IPA 3
SMAN 1 LUWUK

Kuatnya gempa yang mengguncang Jepang, membuat ancaman Tsunami juga terjadi di sejumlah negara lain, khususnya yang berada di Samudera Pasifik. Wilayah Indonesia, khususnya kawasan Sulawesi dan Papua, yang diperkirakan tersinggahi Tsunami Jepang.

Menurut Jan Sopaheluwakan, pakar geologi, jika dihitung dengan kecepatan pesawat terbang yang mencapai 800 kilometer per jam, Tsunami kiriman itu saat ini diperkirakan sudah sampai Papua. Dan sudah melawati kawasan Morotai, Maluku. Namun, Jan memerkirakan kecepatan Tsunami sudah jauh berkurang. Informasi terakhir, ketinggian Tsunami itu sekitar 0,2 meter. Namun, Jan belum bisa memastikan ketinggian itu berdasarkan data dari Tsunamiboy atau alat pasang surut.

"Kalau 0,2 meter itu di zona tsunamiboy, ke darat itu bisa lebih tinggi daripada itu. Tapi kalau itu adalah alat pasang surut, 02 meter itu tidak mengkhawatirkan," jelas Jan dalam dialog di Studio Metro TV yang dipandu Frida Liudwina, Jumat (11/3) petang.

Jan menjelaskan, laju Tsunami akan terus ke wilayah selatan, seperti Papua sebelah utara, Seram di kawasan Maluku. Untuk wilayah Ambon diperkirakan aman dari serangan Tsunami. Yang kemungkinan terserang Tsunami kemungkinan adalah Kepulauan Sangihe Talaud. Namun, diperkirakan gelombang sudah jauh lebih kecil saat tiba di sana. Jan memerkirakan saat ini Tsunami sudah mencapai kawasan Papua.

Sementara itu, perkiraan Tsunami Jepang ikut menerjang kawasan Ambon, Maluku, sejauh ini tidak terbukti. Namun, warga di sekitar pesisir pantai, tetap siaga. Bahkan, warga sudah mengungsi ke sejumlah tempat yang dianggap aman dari serangan Tsunami.

Di bagian lain, aktivitas pelayaran di Pulau Seram, sedikit terganggu dengan kabar Tsunami di Jepang. Jadwal keberangkatan kapal yang melayani Pulau Seram - Pulau Ambon, dipercepat. Sedangkan kapal lainnya memilih merapat ke dermaga.(DSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar