Selasa, 09 Maret 2010

Penggerebekan Teroris di Aceh & Pamulang Settingan?


text TEXT SIZE :
Share
Maria Ulfa Eleven Safa - Okezone

JAKARTA - Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Irwandi Yusuf sudah mencium aksi teroris di Aceh setahun lalu dan melaporkannya kepada polisi. Namun tidak langsung ditindak lanjuti, alasannya polisi masih menunggu waktu yang tepat. Jika dicermati, aksi teror kerap terjadi menjelang kedatangan tamu asing, seperti menjelang kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, 20-22 Maret mendatang. Apakah ini settingan polisi?

"Yang saya khawatirkan ya seperti itu," terang Eksekutif Direktur International Institute for Peacebuliding, Noor Huda Ismail saat dihubungi okezone, Rabu (10/3/2010).

Jebolan pesantren Ngruki sekaligus pengamat teroris ini menambahkan, wajar jika masyarakat akhirnya menghubung-hubungkan antara satu peristiwa dengan peristiwa teror di Indonesia. "Dan ini yang harus dijelaskan kepolisian, polisi harus menjelaskan tugasnya kepada masyarakat. Karena, manajemen polisi (dalam menangani kasus) berantakan. Misalnya, kasus salah tangkap, pemaksaan, manipulasi kasus dan sebagainya," imbuhnya.

Berkaitan dengan penggerebekan teroris di Pamulang kemarin, Noor menyayangkan pendekatan-pendekatan yang dilakukan polisi untuk menangkap teroris. "Pendekatan legal formal saja tidak cukup dan tidak akan menyelesaikan masalah. Seharusnya, polisi tidak langsung mematikan teroris di Pamulang, bisa saja dilumpuhkan dulu agar bisa mengorek keterangan lebih jauh dari dia. Kan nembak itu ada prosedurnya, kalau sudah begini kan jadi panjang ceritanya," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, sekira pukul 11.00 WIB, Densus 88 Anti Teror meringkus seorang pemuda di Warnet Multiplus. Pemuda yang diduga Dulmatin ini pun akhirnya tewas karena berusaha melawan saat ditangkap.

Tak lama berselang, Densus 88 juga menggerebek sebuah rumah di Gang Asem, Gaplek Pamulang. Dari lokasi tersebut, Densus juga terpaksa menembak mati dua orang karena dinilai membahayakan. Hingga kini, polisi masih melakukan identifikasi terhadap tiga jenazah tersebut.(bul)
(hri)

Bagi Pengguna Ponsel, BlackBerry Nikmati Berita Terkini Di http://m.okezone.com
Share
 Ada 0 komentar untuk berita ini. Komentar Anda?

Silahkan kirim komentar Anda. Kami berhak menghapus komentar apabila diperlukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar