Senin, 07 Juni 2010

Israel vs Palestina, Sebuah Perang tak berkesudahan

Dese Susilo Pramono paeh,


Detik kemeriahan pergantian tahun 2008 ke 2009, masih terdengar di telinga. Dentuman petasan dan kembang api, masih bisa dirasakan hingga saat postingan ini Saya buat. Banyak hal telah terjadi di 2008, dan banyak hal yang telah menanti di 2009. Namun ada satu hal yang dari dahulu hingga sekarang masih saja terus terjadi. Sebuah peperangan akibat sengketa tanah yang tidak berkesudahan. Seakan tak mengenal waktu, perang antara Israel vs Palestina seakan telah menjelaskan kebenaran akan isi Al Qur’an tentang tanah tersebut. Keinginan akan akuisi tanah (Israel) melawan perjuangan akan hak milik tanah (Palestina), inilah yang mendasari peperangan Israel dan Palestina. Belum begitu lama diingatan kita, ketika Amerika sebagai Polisi Dunia melalui PBB memberikan pengakuan terhadap kaum Israel (Sekutu yang merupakan perpanjangan tangan Amerika untuk kawasan Timur Tengah) dan memberikan mereka tempat di tanah Arab dekat Jalur Gaza. Namun, nampaknya … apa yang dilakukan Amerika, hanyalah sebagai bentuk Politik Kekuasaan atas tanah yang sangat kaya akan minyak, serta bentuk dukungan kepada Kaum Israel untuk memecah Palestina dan menguasai Daerah tersebut.

Telah bertahun-tahun, sejak jaman ke-Nabi-an. Bangsa Israel dikenal sebagai bangsa yang pintar namun keras kepala. Bangsa Israel memiliki mayoritas bangsa Yahudi (penyembah dewa) yang dikenal merupakan bangsa yang selalu membangkang dan tidak mau tunduk kepada Allah SWT. Bangsa Yahudi juga dikenal sebagai bangsa terusir karena watak dan sejarah mereka yang dikenal kejam dan suka memperbudak, mungkin ini juga alasan yang dilakukan oleh Hitler sewaktu memusnahkan secara massal bangsa Yahudi dari Jerman dan atau dari muka bumi (namun apakah Hitler baik atau tidak???). Ada beberapa literatur yang menyatakan bahwa Palestina merupakan tanah yang dijanjikan bagi kaum Israel, namun ada juga yang menyatakan bahwa diharamkan bagi kaum Israel untuk bisa menduduki tanah Palestina. Palestina sendiri bisa disebut sebagaian tanah suci bagi kaum Islam, banyak peninggalan jaman Nabi Muhammad SAW disana, seperti Mesjid Al-Aqsha yang merupakan tujuan perjalanan Isra’ dan Mi’rajnya Nabi Muhammad SAW. Namun, jaman telah berubah… dengan teknologi dan politik Internasional, apa yang digaris kan dalam literatur itu sendiri sudah berbeda dengan kenyataan. Saat ini warga Israel telah berhasil mendapat tempat di semenanjung perbatasan Palestina (bisa dibilang seper-bagian dari tanah Palestina itu sendiri).

Negara Palestina sendiri dikuasai Oleh 2 kelompok Islamis, Yaitu Hamas dan Fatah. Namun sayangnya, kedua kelompok ini juga tidak begitu “akur”, sehingga sering terjadi perpecahan. Kaum Hamas terlihat lebih Anti terhadap Zionisme dan sangat bersikap Protektif. Disebutkan pula bahwa, perang yang terjadi diakhir 2008 ini disebabkan oleh roket Hamas yang jatuh dikawasan Israel (benar atau rekayasa?, yang pasti pihak Militer Israel selalu berharap-harap adanya pemicu untuk peperangan kembali) sehingga dengan berkedok pemboman terhadap titik-titik rawan yang diduga tempat persembunyian Kaum Hamas Palestina, sedikit demi sedikit pihak Israel mulai menyerang kembali dan berusaha menguasai Gaza City dan mungkin seluruh Palestina. Dan apa yang terjadi ??? bukan hanya tempat-tempat yang diduga persembunyian kaum Hamas saja yang di bombardir, tapi hampir seluruh wilayah termasuk tempat dan fasilitas umum turut hancur menjadi korban.

Tapi, apakah pihak Palestina diam saja ???

Tentu saja tidak, panggilan perang mereka nampaknya juga diterima baik oleh para warga Palestina, baik dari Kelompok Sparatis agamais Palestina “Fatah dan Hamas“, melakukan serangan balasan. Kelompok Hamas-lah yang paling besar mengambil andil dalam pertempuran ini. Mengingat, peperangan terjadi di jalur Gaza, dimana wilayah Gaza-Palestina merupakan kekuasaan kelompok Hamas. Hingga saat ini, Pihak Israel juga mendapat serangan balik dari pihak Palestina (Hamas). Namun apalah daya, Israel terlihat lebih unggul dibandingkan Palestina. Israel dipersenjatai dengan perlengkapan perang yang lengkap dan canggih yang merupakan sumbangan dari Amerika. Ditambah lagi, negara arab yang terlihat tidak mau bersatu dan bersikap acuh tak acuh (atau mungkin menyuplai dari belakang??? who knows?), hanya negara Iran saja yang terlihat bersimpati kepada Hamas.

Sedih rasanya melihat negara Palestina mati perlahan … Namun, apakah tidak ada jalan untuk keluar ???. Tentu saja ada dan seharusnya segera dilakukan, yakni jika semua negara-negara (mayoritas) Islam khususnya Arab mau bersatu dan bersuara keras kepada PBB tentang perihal ini dan segera memaksa Israel-Palestina untuk melakukan gencatan senjata dan mengatur ulang MOU yang telah dibuat dahulu. Kasihan warga-warga yang tidak berdosa, dan anak-anak yang tidak mengerti mati sia-sia karena perang yang tak berkesudahan.

Artikel yang Serupa :

1. PBB memaksa Gencatan Senjata Segera, Amerika Abstain, Israel – Palestina tidak Setuju, Perang Masih Berlanjut !!!
2. Video Seputar Perundingan Perang Israel vs Palestina
3. Video Terbaru Perang Gaza dari sudut pandang Israel
4. Video Penolakan Israel atas Resolusi PBB untuk Gencatan Senjata
5. Teror di Gaza Menabur Benih Kekerasan Untuk Masa Depan Anak-anak

Pengunjung lain juga mencari : israel vs palestina, palestina vs israel, sengketa israel dan palestina, palestina vs israel 2009, perang palestina, konflik israel vs palestina, sengketa palestina dan israel, perang israel vs palestina, Perang palestina vs israel, SENGKETA INTERNASIONAL, sengketa internasional palestina dan israel, sengketa antara israel dan palestina, sengketa internasional 2009, video palestina vs israel 2009, video perang israel vs palestina, sengketa internasional israel dan palestina, perang israel dan palestina, contoh sengketa internasional, perang antara israel dan palestina, sengketa antara Palestina dan Israel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar